Breaking News

Siswa SMK-N 1 Bener Meriah Sulap Limbah Kayu Menjadi Karya Seni

Bener Meriah-aceh.satusuara.co.id

Sebanyak 28 0rang siswa siswi SMK Negeri 1 Kabupaten Bener Meriah  mengikuti pelatihan program SMK Pusat Keunggulan lanjutan tahun 2023, pelaksanaan pelatihan yang berlangsung di rumah kreatif kayu, komplek rumah pitu ruang Desa Bale Atu Kecamatan Bukit Kabupaten Bener Meriah, kamis 2023.


Pelaksanan pelatihan yang berlangsung selama tiga hari tersebut di ikuti oleh puluhan siswa siswi bidang studi teknik dan perumahan SMK N 1 Bener Meriah,selain itu dalam waktu tiga hari para siswa maupun siswi dituntut untuk dapat menghasilkan suatu karya kerajinan tangan dengan menyulap limbah kayu menjadi berbagai macam karya seni  yang memiliki nilai kreatif.


Sementara, dalam mengerjakan tugas belajar sambil bekerja, para siswa juga didampingi oleh guru tamu yang secara langsung membimbing siswa dalam melakukan tugas pembuatan berbagi karya seni seperti, jam dinding, papan nama, bingkai poto, kotak tisu, gantungan kunci dan berbagai karya seni lainnya yang kesemuanya berbahan kan limbah kayu.

Sinta, salah seorang siswi kelas 10 SMK-N 1 Bener Meriah kepada media ini mengaku senang dalam melakukan kegiatan belajar sambil bekerja, iya juga bangga karna mampu membuat gantungan poto hasil karya sendiri, selain itu dengan adanya praktek langung ini membuatnya dapat belajar tentang cara pemanfaatan limbah kayu, ucap Sinta.


Sementara itu,Edi kurniawan selaku guru tamu pada program SMK-PK mengatakan, pihaknya selaku usaha dunia industri mendapat kepercayaan dari pihak SMK-N 1 Bener Meriah untuk membimbing para siswa dan siswi kelas 10 dalam melaksanakan belajar dan kerja untuk pemanfaatan limbah kayu.


" Untuk kegiatan kurikulum Indonesia merdeka ini kami selaku dunia industri dan juga salah satu Alumni SMK-N 1 mendapat kepercayaan untuk membimbing siswa siswi dalam pelaksanaan belajar sambil bekerja" ucap nya.

Sedangkan untuk seluruh perlengkapan bahan baku dalam kegiatan ini seluruhnya kami didapat dari limbah panglong yang ada di kabupaten bener meriah. Jelas Edi kurniawan.


Secara terpisah Husaini.ZK.Spd Kepala Sekolah SMK-N 1 Bener Meriah kepada media ini mengatakan,kegiatan yang di lakukan di rumah kreatif ini berkaitan dengan program SMK-PK lanjutan tahun 2023 dimana para siswa maupun siswi  jurusan teknik konstruksi dan perumahan melakukan belajar sambil bekerja secara langsung.


"Untuk kegiatan ini dibimbing langsung oleh guru tamu yang menyiapkan secara langsung dalam memasuki dunia kerja" ucap Husaini 


Iya juga mejelaskan untuk siswa maupun siswi yang mengikuti kegiatan tersebut berjumlah 28 orang dari mulai kelas 10 hingga 11 yang keseluruhan nya bidang teknis kontruksi dan perumahan. Jelasnya.


Selain itu, dengan dilakuan nya kegiatan ini pihaknya selaku kepala sekolah sangat bersyukur karna dapat membimbing siswa dalam melakukan praktek secara nyata di bidang industri dengan adanya rumah industri yang ada di Kampung Bale Atu. Ungkap Husaini.ZK.S.pd Kepala Sekolah SMK-N 1 Bener Meriah.


Seperti diketahui,  hasil karya seni dengan mengunakan bahan limbah kayu panglong merupakan kegiatan yang memiliki prospek cerah, dimana diharapkan dari hasil olahan limbah tersebut nantinya mampu menembus pasar lokal maupun nasional.


Hal itu tentunya tidak luput dari dorongan Pemerintah Daerah didalam pengembangan produk serta pemasarannya sehingga nantinya dapat menambah perekonomian Daerah maupun keluarga.( P )

© Copyright 2022 - ACEH SATU SUARA